Contoh Esai Tentang Merokok dalam Bahasa Indonesia Terbaru

PelajaranBahasaIndonesian.blogspot.com - Contoh Esai Tentang Merokok – Sebelum kita membuat sebuah contoh esai, ada baiknya kita mengetahui sekilas tentang materi esai. Dengan mengetahui teorinya akan memudahkan kita dalam membuat esai. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, esai adalah karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas dari sudut pandang pribadi penulisnya. Tujuan membuat esai adalah untuk tujuan akademik, seminar, atau sebagai bahan bacaan untuk menambah wawasan pembaca.

Ada beberapa tahapan dalam membuat esai, yaitu memilih topik, mencari sumber acuan topik esai, dan bila perlu lakukan penelusuran. Sebagai contoh kita akan membuat contoh karangan esai tentang bahaya merokok. Sebelum membuat esai kita harus mengumpulkan informasi tentang pengertian merokok, rokok itu sendiri, dampak dari merokok, siapa yang menjadi perokok, dan bagaimana menanggulanginya. Setelah semua informasi terkumpul, maka jabarkanlah dalam paragraf-paragraf. Perhatikan Contoh Esai Tentang Merokok di bawah ini.

Contoh Esai Tentang Bahaya Merokok


Semakin Dihisap Semakin Merugikan

Rokok, siapa yang tidak tahu apa itu rokok. Hampir semua mengenal, menjadi pemakainya bahkan menjadi pecandunya. Apa sebenarnya rokok itu? Rokok adalah gulungan tembakau yang dibungkus oleh daun nipah atau menggunakan kertas. Perokok adalah orang yang suka merokok dan merokok adalah kegiatan menghisap rokok. Ada beberapa hal yang terkandung dalam rokok yang jelas tidak baik untuk kesehatan tubuh manusia. Zat yang terkandung dalam rokok adalah nikotin, tar, sianida, benzene, cadmium, metanol, asetinela, amonida, formaldehida, hidrogen sianida, arsenik, dan karbon monoksida. Dengan berbagai zat yang ada dalam kandungan satu linting rokok akan banyak menyebabkan ketergantungan dan pada akhirnya merusak organ tubuh manusia. 

Seperti yang kita ketahui, perokok dapat membahayan kesehatannya. Ganguuan kesehatan yang akan muncul adalah berbagai macam kanker, penyakit jantung, penyakit pernapasan, penyakit pencernaan dan efek buruk bagi kelahiran dagi ibu yang menjadi perokok pasif maupun aktif. Jelas sekali kalau rokok adalah sesuatu yang masa sekali tidak memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, pada masa sekarang ini tidak hanya laki-laki dewasa yang mengkonsumsi rokok. Wanita dan anak-anak sudah banyak yang berani mengisap rokok, bahkan sampai kecanduan. Berdasarkan riset yang pernah dilakukan Indonesia adalah salah satu negara tertinggi dalam hal perokok aktif di ASEAN yaitu mencapai 51,1 persen dari sekseluruhan penduduk Indonesia. Selain mengganggu kesehatan, merokok bagi anak-anak mengganggu kensentrasi belajar, pola pikir, kecerdasan otak, dan lainnya. Sedangkan bagi ibu yang menjadi perokok aktif dapat beresiko pada kehamilannya dan juga janin yang dikandungnya. 

Bagaimana negara Indonesia akan maju jika generasi muda yang diharapkan menjadi generasi yang bersih dan cerdas justru cenderung penyakitan, malas, dan menghabiskan uangnya hanya untuk membeli rokok. Meskipun pabrik rokok adalah sumber devisa besar bagi negara, pemerintah juga harus bijak dalam memproduksinya. Jangan sampai hanya untuk kepentingan bangsa, generasi bangsa justru menjadi korbannya. Jika benar-benar ingin menjadi negara yang bebas dari rokok pemerintah dan masyarakat haruslah bekerjasama dalam membuat sebuah peraturan yang membuat jera para perokok. Meskipun demikian, kita tidak dapat melarang begitu saja orang yang ingin merokok, pemerintah dapat saja menyediakan satu ruang di tempat umum yang khusus untuk orang yang ingin merokok. Dengan demikian tidak akan mengganggu orang lain. atau adanya larangan dan denda bagi anak-anak di bawah umur yang ketahuan merokok dan sanksi untuk ibu-ibu yang ketahuan merokok. Pemerintah juga dengan sungguh-sungguh mengontrol pabrik-pabrik rokok yang ada di negara ini. Penghasil devisa tidak hanya berasa dari pabrik rokok, pemerintah juga harus meningkat unsur pariwisata Indonesia untuk meningkatkan devisa negara. 

Jika aturan dan rencana ini benar-benar diberlakukan, dapat disimpulkan bahwa tidak akan ada lagi anak-anak yang merokok dan berkurangnya tingkat gangguan kesehatan para generasi muda Indonesia. Dengan begitu, negara Indonesia akan menjadi negara yang cerdas, sehat, dan tingkat penderita kanker dan serangan jantung berkurang. Jelas, semuanya tidak akan dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan tanpa bantuan atau kerjasama semua pihak. Jadi marilah kita bersama-sama menjaga dan menyelamatkan generasi muda Indonesia dari dampak merokok. 


Demikian Contoh Esai Tentang Merokok. Semoga contoh di atas bisa menginspirasi kalian untuk membuat contoh esai dengan tema yang berbeda. Selain itu, artikel tersebut memberikan informasi tentang bahaya merokok sehingga kita bisa mengindarinya. Jangan lupa kunjungi blog kami di pelajaranbahasaindonesian.blogspot.com ya. Banyak artikel lainnya yang bisa kalian baca dan jadikan referensi belajar. Atau silakan baca artikel terkait contoh esai berikut ini. Terimakasih.

Artikel terkait:
1. Contoh esai tentang media sosial terbaru
2. 2 Contoh esai tentang pendidikan terbaru
3. Contoh esai tentang korupsi terbaru
4. Cara membuat esai beserta contoh esai singkat terbaru

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Esai Tentang Merokok dalam Bahasa Indonesia Terbaru