26 Contoh Kalimat Majas Litotes beserta Penjelasan Lengkap

Contoh majas litotes  – Majas litotes adalah majas yang digunakan untuk mengungkapkan sesuatu yang bertujuan untuk melembutkan sesuatu yang sebenarnya tidak begitu buruk. Penggunaan majas ini untuk menunjukkan kerendahan hati seseorang. Biasanya seseorang mengungkapkan majas ini setelah seseorang terlebih dahulu mengungkapkan pernyataan. Majas litotes ini bertujuan untuk merendahkan sesuatu yang bertentangan dengan makna sebenarnya. Untuk lebih jelas tentang majas litotes, perhatikan contoh kalimat yang menggunakan majas litotes tersebut beserta penjelasan singkatnya. 

26 contoh majas litotes beserta penjelasannya


1. Kau bisa mampir ke gubuk tuaku saat kamu berkunjung ke Jakarta.

Contoh di atas menggunakan kelompok kata “gubuk tua” yang bertujuan untuk merendah saja. Arti kata yang sebenarnya bisa saja rumahnya biasa saja atau justru lebih mewah dari yang diperkirakan. Biasanya kalimat dengan majas litotes ini digunakan agar tidak terkesan sombong jika menggunakan kata yang sebenarnya.

2. Aku harap kamu bisa menerima pemberianku yang tidak berharga ini dengan senang hati.

Dari contoh di atas, kita dapat melihat bahwa ungkapan atau majas litotes yang digunakan adalah kata “tidak berharga”. Secara tidak langsung ingin menunjukkan bahwa seseorang tidak ingin dianggap sombong atau berlebihan. Kelompok kata “tidak berharga” dapat berarti bahwa hadiah itu begitu mewah dan special. 

3. Piano butut dan renta inilah yang mengantarkanku menjadi juara dunia dalam ajang penemuan bakat muda music instrumental.

Kelompok kata “piano butut” memberikan kesan kesederhanaan yang dimiliki oleh seseorang. Seseorang ingin menunjukkan kerendahan hatinya agar tidak terlihat sombong. Karena pada dasarnya sebuah piano butut tidak akan benar-benar bisa mengantarkan seseorang menjadi juara dunia.

4. Kamu anak orang kaya yang punya segalanya, aku hanya anak seorang petani yang tak punya apa-apa. Hanya cinta yang aku punya.

Penggunaan “anak petani” dan “tak punya apa-apa” merupakan kata yang menggunakan majas litotes. Karena makna sebaliknya bisa saja anak seorang petani justru sangat kaya karena jumlah sawah atau ladangnya yang begitu luas.

Dari Pengertian dan contoh majas litotes lengkap di atas kita dapat melihat adanya kata atau kelompok kata yang yang digunakan untuk merendahkan hati agar tidak dinilai sombong. Berikut ini beberapa contoh kalimat yang mengandung majas litotes.


5. Tubuh rentanku tak sanggup lagi menopang beban hidupku.
6. Setelah bekerja dan menabung selama seumur hidup aku bisa membeli motor butut ini.
7. Wajahku yang tak seberapa ini, tak pantas rasanya aku disandingkan dengan pria setampan pangeran itu.
8. Aku tak percaya lukisanku yang jelek ini justru menjadi incaran para kolektor dari berbagai negara.
9. Suaraku yang pas-pasan ini bisa juga bersanding dengan Agnes Monika dalam pentas seni Indonesia.
10. Aku hanya pengusaha kecil, mengapa begitu banyak pengusaha besar yang ingin bekerja sama denganku.
11. Aku hanya pegawai biasa, tak pantas rasanya mendekati anak seorang direktur.
12. Penghasilanku dalam sebulan hanya mampu membelikan anakku susu.
13. Hari-hariku begitu banyak kekurangan, berbeda denganmu yang serba ada dan berkecukupan.
14. Aku hanya ingin memberikan cicin yang tak berharga ini untuk hadiah ulang tahunmu.
15. Usaha kecil ini bisa membuatku bahagia dan aku mampu membelikan mobil ini untuk istriku.
16. Pakaian sederhanaku ternyata dapat menarik perhatian hingga ke manca negara.
17. Jangan pernah sungkan untuk meminta bantuan kepada yang tak pintar ini.
18. Aku tak percaya wajahku yang jelek ini bisa juga memenangkan kontes kecantikan se Jawa-Bali.
19. Aku hanya gadis kecil yang bermimpi menjadi presiden.
20. Kalau kalian berkunjung ke desa Sidorejo, carilah gubuk tua itu kediamanku.
21. Aku harap masakanku yang tak berasa ini bisa membuatmu menjadi lebih bertenaga.
22. Hanya ide jelek ini yang bisa saya sumbangkan untuk memajukan sekolah ini.
23. Hanya sehelai kain sutra ini yang bisa aku berikan kepada putri nan cantik mempesona.
24. Aku harap kamu mau menerima bantuanku yang tak seberapa ini.
25. Jika berkenan aku ingin sekali membelikanmu sesuatu dari hasil kerjaku yang tak layak ini.
26. Dibalik bilik kumuh inilah aku dilahirkan oleh ibuku tercinta. 

Demikian Pengertian dan contoh majas litotes lengkap. Diharapkan kalian dapat memahami dan bisa membuat kalimat dengan menggunakan majas litotes. Selain itu majas ini juga dapat digunakan untuk membantu kalian dalam mengungkapkan maksud tertentu agar tidak terlihat atau terkesan sombong. Terima kasih sudah membaca tulisan deengan judul Pengertian dan contoh majas litotes lengkap. Jangan lupa juga membaca tulisan yang lainnya di pelajaranbahasaindonesian.blogspot.com ya. Dijamin gak bakalan nyesel deh, karena artikel yang kami buat disertai dengan contoh-contohnya. Sehingga memudahkan kalian dalam memahami materi pelajarannya. Selamat membaca.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 26 Contoh Kalimat Majas Litotes beserta Penjelasan Lengkap