Contoh Majas Anafora dalam Kalimat dan Puisi Terbaik

Contoh majas anafora lengkap --  Pada artikel kali ini, saya akan memberikan beberapa contoh majas anafora dalam kalimat dan puisi. Namun, sebelumnya kita harus mengetahui pengertian dari majas anafora terlebih dulu. Majas anafora adalah  majas atau gaya bahasa yang berupa pengulangan kata pertama pada setiap kalimat atau baris. Pengulangan dilakukan untuk menunjukkan adanya penekanan atau penegasan terhadap kata yang mengalami pengulangan. Biasanya majas ini digunakan dalam penulisan puisi. Pengulangan kata juga dapat dilakukan dalam kalimat setelah tanda koma. Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat yang menggunakan majas anafora.

Contoh kalimat majas anafora


1. Aku yang melahirkannya, aku juga yang merawatnya hingga dewasa.
2. Dia yang membuatku menangis, dia juga yang membuatku tertawa. 
3. Aku bingung, aku pusing, dan aku tidak tahu harus berbuat apa ketika dia sudah marah.
4. Lagu itu lagu paling aku suka.
5. Kamu Cuma kamu yang bisa buat aku bahagia saat ini.
6. Ke mana kau pergi, ke mana kau akan membawa semua barang-barangmu itu?
7. Meski lelah mencari, meski lelah menanti, aku akan tetap menyimpan rindu ini untukmu kasih.
8. Cita-cita ini aku yang punya, cita-cita ini aku yang usahakan  tapi mengapa kau begitu peduli padaku?
9. Harga bbm naik, harga sembako naik, harga tarif listrik naik, semua naik itu yang membuatku pusing.
10. Bunga itu indah, bunga itu wangi, bunga itu menjadi incaran banyak kolektor di tahun ini.
11. Uang jajan aku yang berikan, uang makan aku juga yang tanggung, tapi tak ada rasa terima kasihnya padaku.
12. Setiap hari aku menunggu, setiap hari aku kawatir, setiap hari aku penuh dengan rasa takut akan keselamatannya di jalan, tapi dia tetap saja tak peduli padaku.
13. Tarif sms naik, tarif telepon naik, dan tarif internet juga naik, aku bingung memenuhi kebutuhanku sendiri.
14. Memberi tak harus menunggu kaya, memberi tak harus menunggu ada harta, dan memberi tak harus karena ada yang meminta, tapi karena memang kita harus saling member satu sama lain.
15. Suara itu aku rindu, suara itu terus terliang ditelingaku, suara itu suara ibuku.

Contoh di atas adalah contoh kalimat yang menggunakan majas anafora. Contoh kalimat di atas dapat atau biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, akan berbeda dengan beberapa kalimat yang ada dalam bait puisi di bawah ini. Yuk kita simak contoh puisi yang mengandung majas anafora berikut ini 


Contoh puisi majas anafora


1.
Ibu kau segalanya bagiku.
Ibu kau pahlawan bagiku.
Ibu aku begitu menyayangimu.
Ibu maafkan semua kesalahan yang pernah ku lakukan padamu.

Tanpamu ibu aku bukanlah siapa-siapa
Tanpamu ibu aku tak bisa apa-apa
Tanpamu ibu ku tak tahu dunia
Tanpamu ibu tak kan lengkap duniaku

2.
Bersamamu aku tenang
Bersamamu aku nyaman
Bersamamu aku merasa aman
Bersamamu aku merasa tak takut akan masa depan
Bersamamu itu yang aku mau.

Hanya rindu ini ku simpan untukmu
Hanya rindu ini selalu hadir mengisi sepiku
Hanya rindu ini yang aku miliki untuk aku perjuangkan
Hanya rindu ini yang ingin aku berikan padamu sebagai bukti kesetiaanku padamu.

3.
Senja kali ini mengantarkanku masuk ke dalam lamunan yang tak biasa
Senja kali ini seakan tahu akan rindu yang ada jauh dalam hatiku.
Senja kali ini ingin rasanya aku cepat pergi
Senja kali ini membuatku bebas berandai waktu saat bersamamu.
Senja kali ini mungkin tak mengerti perasaanku
Senja kali ini juga tak tahu seberapa jauh aku terluka

4.
Kasih tanpamu aku tak bisa apa-apa
Kasih tanpamu aku hilang arah
Kasih kembalilah padaku
Kasih jangan abaikan perasaanku

Karenamu aku bertahan
Karenamu aku akan jadi lebih hebat
Karenamu aku akan menjadi kuat
Dan karenamu kasih aku akan menjadi wanita paling bahagia.

5.
Guruku kau pahlawan tanpa tanda jasaku
Guruku tanpamu aku tak akan bisa meraih cita-citaku
Guruku jasamu sangat berarti bagiku
Guruku semua jasamu akan aku ingat hingga ujung usiaku

Dari contoh di atas, dapat kita lihat bahwa adanya pengulangan kata di awal baris setiap baitnya. Tujuannya untuk menegaskan kata yang mengalami pengulangan. Demikian penjelasan sederhana tentang majas anafora beserta contohnya.  Diharapkan dengan membaca dan melihat contoh kalimat majas anafora di atas dapat membantu kalian dalam membuat kalimat atau puisi dengan menggunakan majas anafora. Jangan lupa kunjungi blog saya di pelajaranbahasaindonesian.blogspot.com ya. Ada banyak sekali artikel lainnya yang membahas materi pelajaran bahasa Indonesia. Terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Majas Anafora dalam Kalimat dan Puisi Terbaik