50 Contoh Kalimat Aktif Intransitif dan Penjelasannya Lengkap

PelajaranBahasaIndonesian.blogspot.com - Contoh kalimat aktif intransitif dan penjelasannya lengkap – Kalimat adalah kesatuan ujar yang terdiri dari kata-kata penuh makna dan memiliki struktur. Kalimat dibedakan menajdi kalimat aktif dan kalimat pasif. dalam kesempatan kali ini akan lebih membahas tentang klaimat aktif. Kalimat aktif adalah kalimat yang subjeknya melakukan sesuatu (predikat) atau dengan kata lain subjeknya melakukan sesuatu. 

Kalimat aktif dibagi menjadi dua, yaitu kalimat aktif transitif dan kalimat aktif intransitif. Kalimat aktif transitif adalah kalimat yang strukturnya membutuhkan kehadiran objek. Kalimat aktif transitif biasanya dapat dijadikan kalimat pasif. Pada artikel sebelumnya sudah saya jelaskan secara detail tentang kalimat aktif transitif beserta macamnya. Bagi kalian yang ingin mempelajarinya lagi, silakan baca artikelnya disini: 50 Contoh kalimat aktif transitif beserta macamnya lengkap

Kalimat aktif intransitif adalah kalimat yang tidak memrlukan kehadiran objek. Oleh karena itu, kalimat aktif intransitif berbeda dengan kalimat aktif transitif. Kalimat aktif intransitif tidak dapat diubah menjadi kalimat pasif. 

Berikut adalah contoh kalimat aktif intransitif untuk memperjelas pengetahuan kalian tentang kalimat aktif intransitif.

50 contoh kalimat aktif Intransitif 

1. Adik bernyanyi.
          S             P
2. Kakak berenang.
           S          P
3. Ayah berteriak setiap malam.
           S           P          Pel.

Dari contoh di atas, dapat dilihat bahwa kalimat aktif intransitif tidak membutuhkan objek dan tetap memiliki makna. Meskipun tidak membutuhkan objek, kalimat aktif intransitif dapat menerima kehadiran pelekap maupun keterangan. Berikut contoh lain dari kalimat aktif intransitif.

4. Ibu termenung.
5. Nenek tidur dengan nyenyak.
6. Tangan Jono terbakar.
7. Kepalaku terluka.
8. Harimau itu mengaung.
9. Juki berlari dengan kencang.
10. Lilo tercebur ke kolam.
11. Orangtuaku sedang berlibur.
12. Rumah itu berasap.
13. Kami tertawa bersama.
14. Perampok itu berlari ke arah selatan.
15. Ibu bekerja sebagai buruh cuci sejak aku SD.
16. Ikan bernapas dengan insang.
17. Ani terdiam ketika dimarahi. 
18. Pelaut itu berlayar ke samudera.
19. Aku kelaparan sejak kamarin.
20. Burung Beo itu terbang tinggi di angkasa.
21. Aku tertidur saat nenek datang.
22. Nenek melamun di dekat jendela.
23. Pencuri itu tertembak timah panas.
24. Bulan purnama itu akhirnya terlihat jelas.
25. Adik berlari menuju sekolah. 
26. Aku tersenyum saat menyapanya.
27. Penglihatanku terganggu saat aku kecil.
28. Aku bertanya kepada ibu.
29. Saat lelah, kami bersantai di ruang keluarga.
30. Ayah berjanji akan menelpon.
31. Pena itu berserakan di lantai.
32. Pencuri itu mengajakku berdamai.
33. Aku menjadi terkenal karena bernyanyi.
34. Ibu meninggal kemarin.
35. Ledakan itu terdengar keras.
36. Atlet itu melompat sangat tinggi.
37. Harimau itu terkena perangap.
38. Aku bernyanyi saat sedih.
39. Boni bersantai dengan ayahnya.
40. Ayu tertunduk malu.
41. Tombol itu tertekan.
42. Andi tercebur di empang.
43. Budi aku terjebak di lift.
44. Aku berdansa di pesta.
45. Aku bernyanyi dengan siang.
46. Juju tertawa terpingkal-pingkal.
47. Aku terbawa suasana malam.
48. Lola tersesat.
49. Jiko sedang berandai-andai.
50. Lola sedang bercermin.

Demikianlah artikel tentang contoh kalimat aktif intransitif. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kalian dalam mempelajari kalimat dalam bahasa indonesia, khususnya kalimat aktif transitif dan intransitif. Jangan lupa baca artikel lainnya di blog kami pelajaranbahasaindonesian.blogspot.com ya. Semoga bermanfaat. Terimakasih. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 50 Contoh Kalimat Aktif Intransitif dan Penjelasannya Lengkap