2 Contoh Paragraf Analagi tentang Kesehatan beserta Penjelasannya

PelajaranBahasaIndonesian.blogspot.com - Pengertian dan contoh paragraf analagi tentang kesehatan - Paragraf analogi merupakan jenis paragraf yang membandingkan 2 hal yang satu sama lain memiliki kesamaan. Perbandingan antara dua 2 yang memiliki kesamaan ini dalam paragraf analogi memiliki tujuan yakni untuk mendapat sebuah kesimpulan. Penggunaan penalaran induktif dalam paragraf analogi merupakan salah satu ciri khas dimana pada akhir paragraf, paragraf analogi ini akan mencapai kesimpulan dari perbandingan 2 hal tersebut. 

Pada bagian awal, contoh paragraf analogi biasanya memaparkan 2 hal yang akan menjadi perbandingan dan menjadi topik pembicaraan. Dua hal tersebut merupakan hal yang dibandingkan dalam bentuk objek seperti kejadian tertentu atau sebuah keadaan. Dengan demikian, sebelum menulis paragraf analogi, perlu difikirkan terlebih dahulu dengan matang, topik atau objek apa yang akan dibandingkan agar mempermudah dalam menentukan kalimat penjelasnya. Kemudian, setelah memaparkan 2 hal yang akan dibandingkan dan menjadi topik pembicaraan, kalimat-kalimat selanjutnya dalam paragraf analogi biasanya membicarakan adanya persamaan yang dimiliki oleh 2 hal tersebut. Pada bagian inilah pembaca dapat melihat adanya kesepadanan antara 2 hal yang ranah pembahasannya memiliki kesamaan namun bisa pula bertentangan. 

Kemudian, pada bagian terakhir, persamaan serta perbedaan ke 2 hal tersebut akan mencapai kesimpulan. Inilah yang membuat paragraf analogi identik dengan paragraf induktif dimana kesimpulan dari pembahasan bisa ditemukan di akhir paragraf. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa paragraf analogi memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

1. Paragraf analogi memiliki dua hal yang akan dibandingkan secara bergantian.
2. Penjelas dalam paragraf analogi biasanya terletak pada kalimat yang menunjukkan sisi persamaan dari dua hal yang menjadi topik pembicaraan.
3. Kesimpulan pada paragraf analogi yang berperan sebagai kalimat utama atau kalimat inti dari paragraf analogi biasanya terletak pada bagian akhir paragraf. Kesimpulan yang dimaksud yakni berupa penjabaran atau penjelas dari ide awal yang dikemukakan. 
Untuk lebih jelasnya, mari kita simak bersama contoh paragraf analogi  singkat tentang kesehatan berikut ini ya

Contoh Paragraf Analogi tentang Kesehatan


Contoh paragraf analogi tentang kesehatan 1: 

Banyaknya bunga disekitar taman rumah tentu saja perlu dirawat keindahannya. Caranya adalah dengan selalu menyiram tanaman tersebut, memberinya pupuk, serta jenis perawatan lainnya agar tanaman tersebut tetap tumbuh dan hidup. Sama halnya dengan tubuh manusia yang perlu dijaga kesehatannya. Seperti dengan memakan makanan yang mengandung banyak gizi, agar manusia tidak hanya bisa bertahan hidup tetapi juga hidup dalam pola makan yang sehat. Jika tanaman saja bisa layu atau bahkan mati ketika salah memberikan pupuk atau lupa menyiramnya dengan air, tubuh manusia juga dengan mudah bisa terjangkit kesehatannya saat kita asal memakan makanan tanpa memikirkan efek kedepannya bagi tubuh. Dengan demikian, menjaga kesehatan sama halnya dengan menjaga dan merawat tanaman agar tetap menghiasi halaman rumah kita.


Contoh Paragraf Analogi tentang Kesehatan 2

Banyaknya fiture menarik pada smartphone memang membuat manusia mampu teralihkan dari fokus pada kegiatan lain termasuk teralihkan dari pemikiran bahwa penggunaan smartphone berlebihan tentu saja akan membuat smartphone anda mudah rusak. Sama halnya dengan tubuh manusia, yang jika terlalu diporsir kegiatannya tentu saja akan mudah sakit. Jika smartphone saja bisa membutuhkan banyak uang saat mengalami kerusakan kecil, tubuh manusiapun tentu saja perlu biaya yang tidak sedikit jika tubuh justru sakit karna terlalu berlebihan melakukan kegiatan yang berulang tanpa istirahat yang cukup. Dengan demikian, menjaga keawetan smartphone agar tidak mudah rusak dan mengeluarkan uang sama halnya dengan menjaga kesehatan tubuh yang perlu dijaga agar tidak mudah sakit. 

Demikianlah artikel yang membahas tentang pengertian dan contoh paragraf analogi tentang kesehatan. Semoga artikel ini dapat membantu kalian yang sedang mempejari materi tersebut dan juga sebagai referensi dalam membuat contoh paragraf analogi singkat, khususnya tentang kesehatan. Jangan lupa kunjungi blog kami di pelajaranbahasaindonesian.blogspot.com ya. Ada banyak sekali artikel bermanfaat lainnya yang bisa kalian baca. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Baca juga artikel terkait berikut ini:

1. 2 Contoh paragraf analogi tentang kehidupan terbaru

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 2 Contoh Paragraf Analagi tentang Kesehatan beserta Penjelasannya