Contoh Teks Negosiasi Jual Beli Bahasa Indonesia Terbaru

PelajaranBahasaIndonesian.blogspot.com - Contoh teks negosiasi jual beli – Saat kita akan membeli suatu barang, ada baiknya kita melakukan proses negosiasi agar mendapatkan barang atau jasa yang kita inginkan dengan harga yang  sesuai dengan keinginan kita. Selain irit atau dapat berhemat, kita juga dapat membeli barang lain dengan sisa uang tersebut. Negosiasi adalah proses interaksi yang dilakukan untuk memutuskan sesuatu hal yang berbeda menjadi kesepakatan yang sama-sama mengundungkan di dua belah pihak. Teks negosiasi berarti teks yang berisi tentang interaksi antara dua orang atau lebih untuk memutuskan suatu hal yang berbeda sekaligus membuat keputusan yang akan menguntungkan semuanya.

Membuat contoh teks negosiasi membutuhkan struktur teks yan tepat, yaitu orientasi (pendahuluan), isi (permintaan, pemenuhan, penawaran, dan pembelian), dan penutup. Dalam menulis pendahluan, kalian harus memmaparkan awal mula terjadinya komunikasi atau interaksi tersebut. Pada bagian ini, dapat di isi dengan salam atau sapaan. Pada bagian isi dimulai dengan pihak pertama meminta atau menanyakan barang atau jasa yang diinginkan, setelah menawar barang atau jasa akan diberikan kepada peminat dan disanalah terjadinya penawaran. Proses negosiasi yang yang nyata adala terjadi pada saat penawaran barang atau jasa yang diinginkan. Setelah interaksi tawar menawar, dan keputusan terakhir mendapat persetujuan dari kedua belah pihak, pembeli atau pihak pertama akan memutuskan untuk membeli atau tidak barang tersebut. terakhir bagian penutup yang berisi salam dan ucapan terima kasih.

Perhatikan contoh teks negosiasi antara penjual dan pembeli (jual beli) berikut ini untuk memperjelas pengetahuan kalian tentang teks negosiasi jual beli.

Contoh Teks Negosiasi Jual Beli Motor Bekas

Karena aktifitas yang mulai padat dan jarak kerja yang jauh membuatku memutuskan untuk membeli motor bekas dengan kondisi yang masih bagus. Akhirnya, aku mendatangi sebuah tempat penjualan motor bekas di dekat rumahku.

Aku : Selamat siang, Pak!
Penjual : Iya, selamat siang, apa yang bisa saya bantu?
Aku : Saya mencari motor seken yang kondisinya masih bagus, ada?
Penjual : kalau boleh tau merek apa yang ada inginkan? Dan matic atau manual?
Aku       : Saya sebenarnya tidak fanatik terhadap merek motor, apa saja boleh asalkan matic. Itu akan memudahkan saya dalam beraktifitas.
Penjual : Baiklah, saya akan mencarikannya untuk Anda.
Aku         : Baiklah, akan saya tunggu.
Penjual : Bagaimana dengan motor ini? Motor tahun 2014, kondisi baik, dan matic?
Aku         : Motor ini berapa harganya? Atau ada pilihan lain lagi?
Penjual : Tenang saja, motor ini masih dengan harga yang terjangkau. Harga motor ini 9 juta nego. Masih ada pilihan lain yang bisa Anda lihat, mari ikut saya.
Aku         : Baiklah.
Penjual : Dari sekian banyak motor, aku menyarankan Anda untuk mengambil motor yang satu ini. 
Aku         : Mengapa?
Penjual : Motor ini dijual karena orangnya membutuhkan uang untuk biaya kesehatan anaknya. Usianya baru 2 tahun dan kondisinya sangat baik. Saya bisa memberikan motor ini seharga 12 juta untuk Anda.
Aku         : Itu terlalu mahal untukku. Apa masih bisa nego?
Penjual : Masih bisa nego. Harga berapa yang Anda inginkan?
Aku         : Sebelum memutuskan bolehkan saya mencoba terlebih dahulu?
Penjual : Silakan saja. 

Untuk beberapa saat kau mencoba motor itu. Kondisinya memang seperti yang aku inginkan. Aku mengecek semua kondisi fisik dan kelengkapan suratpun masih baik. Hanya saja harganya masih tinggi sekali. 

Aku : Bisa tidak harganya menjadi 9juta?
Penjual : Untuk motor ini belum bisa. Kalau mau, motor pertama yang Anda lihat di depan tadi saja. Itu bisa saya berikan 8,5 juta. Itu harga spesial hari ini.
Aku      : Saya tertarik dengan motor ini, bagimana kalau 9,5 juta? 
Penjual : Dengan harga segitu belum bisa. Harga 12 juta sudah pas untuk motor ini. Tapi baiklah, bagaimana kalau 11,5 juta?
Aku         : Itu masih diluar jangkauanku. 
Penjual : Atau Anda ingin mencoba motor yang lain? ini ada satu motor yang kondisinya tidak jauh berbeda dengan motor ini. Hanya saja pembayaran pajaknya di bulan ini dan usianya sudah 2,5 tahun. Motor ini saya jual dengan harga 10juta pas tanpa nego.
Aku    : Akan aku coba.
Penjual : Bagimana?
Aku         : Kondisi baik, baiklah tapi apakah saya mendapat bonus pembelian?
Penjual : Iya, saya akan membantu Anda dalam mengurus surat-surat dan helm baru untuk Anda.
Aku       : Ok, saya ambil motor bekas ini. Saya akan siapkan uangnya dan Anda bisa menyiapkan semua srat-surat yang saya butuhkan.
Penjual : Tunggu sebentar.
Aku         : Baiklah.
Penjual : Ini nota, surat-surat, helm, dan kunci motornya. Harap dicek sebelum meninggalkan tempat ini.
Aku    : Iya, ini uang sejumlah 10juta coba dihitung ulang. 
Penjual : Uangnya pas. Harap tanda tangan di bagian ini.
Aku         : Terima kasih.
Penjual : Terima kasih telah melakukan pembelian di sini. Semoga Anda puas dan tidak kecewa.
Aku    : Sama-sama. Selamat siang. Terima kasih kembali.

Dengan memiliki motor ini, aktifitasku akan lebih mudah dilakukan. 

Demikian Contoh teks negosiasi jual beli yang dapat di paparkan. Contoh di atas merupakan contoh teks negosiasi yang sesuai dengan struktur teks yang ada. Diharapkan dapat membantu klaian dalam mengerjakan tugas sekolah. Terima kasih

Baca juga artikel terkait berikut ini ya:

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Teks Negosiasi Jual Beli Bahasa Indonesia Terbaru