2 Contoh Surat Pembaca tentang Pendidikan dalam Bahasa Indonesia Terbaik

PelajaranBahasaIndonesian.blogspot.com - Contoh surat pembaca tentang pendidikan – Seperti yang kita ketahui bahwa surat pembaja adalah surat yang dimuat dalam surat kabar atau suatu majalah. Surat pembaca ditulis oleh pembaca surat kabar berdasarkan hal-hal yang sedang hangat-hangatnya dibicarakan. Surat pembaca dapat berupa kritik, saran, pendapat, himbauan, atau usulan yang ditujukan kepada instansi pemerintah, perusahaan swasta. Penulisan surat pembaca haruslah singkat, padat, jelas, dan dikemas secara menarik agar menarik perhatian pembaca.

Surat pembaca akan diterbitkan dalam sebuah media yang dipiliih oleh penulis. Surat yang dikirim akan diterima dan dipahami oleh pihak redaksi kemudian ditampilkan dalam edisi selanjutnya. Pihak yang mendapat surat pembaca sebaiknya juga memberikan tanggapannya melalui media yang sama. Tujuannya agar penulis surat pembaca mengetahui bahwa tulisannya mendapat respon dari yang bersangkutan. Untuk lebih jelas tentang surat pembaca perhatikan contoh surat pembaca tentang pendidikan berikut ini.

Contoh surat pembaca tentang pendidikan


Contoh surat pembaca tentang pendidikan 1


Uang Tambahan Kegiatan Sekolah

Surat Kabar Lampung, Jumat 12 Februari 2016

Assalamualaikum., wr wb.

Saya adalah wali murid dengan nama Siska Juliandari siswi kelas tiga di Sekolah swasta 5 Bandar Lampung. Banyak kegiatan di sekolah adalah suatu bukti bahwa sekolah tersebut memiliki siswa/I yang aktif tidak hanya dalam hal pembelajaraan atau kognitifnya saja, melainkan sisi kegiatan pun aktif. Kegiatan yang diadakan oleh pihak sekolah pastilah positif dan sesuai dengan kondisi anak saat berada di sekolah. Secara pribadi, saya juga senang anak saya bisa lebih aktif saat berada di sekolah dan dampaknya di rumahpun menjadi aktif membantu orangtua.

Namun, alangkah baiknya bila setiap kegiatan itu tidak dipungut biaya yang menurut saya sangat berlebihan. Kegiatan sekolah kiranya menjadi tanggung jawab pihak sekolah. Boleh saja untuk meminta pungutan atau biaya kegiatan sekolah, dengan catatan biaya itu masih kategori normal dan yang paling penting sudah disosiliasikan dengan pihak orangtua atau wali murid. 

Uang sejumlah 200 ribu untuk tiap kegiatan yang diikuti oleh anak sangat memberatkan saya yang hanya berprofesi sebagai karyawan swasta. Karena anak saya cenderung aktif, pastilah dia meminta uang kepada saya sejumlah kegiatan yang diikutinya. Bayangkan saja, jika 5 kegiatan saja yang diikuti oleh anak saya, maka uang yang harus saya keluarkan sebesar 1 juta rupiah. 

Melalui surat ini saya berharap Bapak/ Ibu kepala sekolah dapat memberikan keputusan yang bijak mengenai hal ini. Kebijakan yang nantinya tidak lagi memberatkan pihak orangtua juga baik untuk pihak sekolah. Selain itu, yang menjadi kekawatiran saya adalah adanya oknum yang memanfaatkan ini menjadi peluang menghasilkan uang karena setiap kali meminta biaya kegiatan tidak disertai dengan surat resmi dari pihak sekolah. Semoga masalah ini dapat menjadi perhatian pihak sekolah, terima kasih. 

Wassalamualaikum, wr wb.


Handoyo Jumar 


Contoh surat pembaca tentang pendidikan 2

Waktu Wajib Baca 
Assalamualaikum., wr wb.

Saya Juliana Ekasari wali dari Anggita Purnamasari siswi dari kelas 2 Sekolah Negeri Bandar Lampung. Tujuan saya menulis surat ini adalah untuk memberikan saran kepada pihak sekolah berkaitan tentang membaca. Membaca adalah hal yang wajib untuk kita. Tidak hanya anak sekolah, melainkan semua kalangan wajib membaca untuk menambah ilmu pengetahuan. dengan membaca kita akan menjadi banyak tahu tentang dunia. Seperti yang kita ketahui bahwa “buku adalah jendela dunia” jadi tidak salah bila kita lebih menegaskan kepada anak-anak sebagai generasi muda untuk terus giat membaca. Kegiatan membaca tidak hanya dilakukan di sekolah saja, melainkan bisa dilakukan di mana saja selama ada waktu luang. Tidak hanya buku pelajaran yang dibaca, buku pengetahuan umumpun dapat member pengetahuan atau informasi yang baik kepada kita. Asalkan kita tahu mana yang boleh dibaca atau sesuai dengan usia pembaca.

Mengingat pentingnya proses membaca, saya menjadi sedih melihat kondisi anak saya yang malas membaca baik di sekolah maupun di rumah. Untuk itu saya menyarankan untuk SMP Negeri Bandar Lampung agar membuat satu peraturan berdasarkan kesepakatan dengan orangtua murid untuk membuat “waktu wajib baca”. Diharapkan pihak sekolah memberikan tugas yang berkaitan dengan membaca. Baik membaca surat kabar setiap pagi dan membagi informasi tersebut di depan kelas secara bergantian setiap pagi sebelum memulai pelajaran. Saya yakin itu baik untuk kemampuan berbahasa anak dan  melatih kepercayaan diri anak. Dengan demikian, anak mau tidak mau akan membaca untuk mendapatkan tambahan nilai dan mereka akan lebih menuruti apa perintah dari guru mereka. 

Untuk itu, saya sangat berharap saran saya diterima dengan baik oleh pihak sekolah demi meningkatkan mutu pendidikan Indonesia.  

Wassalamualaikum, wr wb.


Juliana Ekasari

Demikian dua contoh surat pembaca tentang pendidikan, diharapkan kedua contoh di atas dapat membantu kalian dalam memahami dan membuat surat pembaca. Terima kasih 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 2 Contoh Surat Pembaca tentang Pendidikan dalam Bahasa Indonesia Terbaik