Berbagai Tips dan Contoh Pertanyaan dan Jawaban Wawancara Kerja

Contoh pertanyaan dan jawaban wawancara kerja – Setiap orang pasti mendambakan bida bekerja di tempat yang diinginkan dan sesuai dengan kompetensinya atau keahliannya. Namun, untuk mendapatkan pekerjaan itu banyak tahapan yang harus dilalui. Mulai dari pengiriman berkas lamaran, tes tertulis, tes psikologi, dan tes wawancara. Tidak semua perusahaan menerapkan tahapan tersebut. Setiap perusahaan atau tempat kerja memiliki ketentuan sendiri dalam menentukan bagaimana seseorang dapat bergabung dengan perusahaan mereka. 

Dari banyaknya tahapan yang harus dilalui oleh calon pekerja, tahapan wawancara yang paling sering dilakukan oleh perusahaan kepada calon karyawannya. Wawancara sendiri adalah percakapan atau kegiatan bertanya jawab untuk mendapatkan suatu informasi tentang topik tertentu kepada narasumber. Melalui wawancara seseorang akan secara langsung mengetahui atau mendapatkan informasi secara jelas dan rinci dari si narasumber. Berikut ini adalah contoh pertanyaan dan jawaban interview kerja beserta tips dalam melakukan interview. 

Tips dan Contoh Pertanyaan dan Jawaban Wawancara Kerja 


Dalam melakukan kegiatan wawancara, kita harus memliki sikap-sikap berikut ini, baik dalam bertanya maupun dalam menjawab pertanyaan. Sikap-sikap yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut:

1. Netral
Pewawancara tidak boleh berkomentar tentang jawaban yang diutarakan oleh si narasumber.Pewawancara juga tidak boleh menggunakan sudut pandangnya untuk menyanggal atau menyanggah informasi yang diberikan koleh narasumber. 

2. Ramah
Pewawancara menciptakan suasana yang nyaman dan menarik minat narasumber untuk memberikan informasi yang diinginkan. Pewawancara tidak boleh menggunakan kata-kata yang kasar atau menggunakan nada yang tinggi. Begitu juga sebaliknya.

3. Adil
Baik pewawancara maupun narasumber juga harus saling menghormati satu sama lain.

4. Hindari ketegangan
Baik pewawancara maupun narasumber harus menciptakan suasana Tanya jawab yang menyenangkan nyaman dan jauh dari ketegangan. Jangan sampai pewawancara menghakimi informasi dari si nara usmber atau narasumber merasa pertanyaan yang diajukan oleh si pewawancara sangat menyudutkan narasumber.

Berikut ini Berbagai contoh jawaban wawancara kerja dalam berbagai situasi atau tempat kerja.

Berbagai contoh jawaban wawancara kerja 

Pewawancara : Selamat siang saudara Andi Mulyanto, bagaimana kabar anada?

Pelamar (1) : Selamat siang juga, kabar saya luar biasa baik.
      (2) : Selamat siang, hari ini kabar saya sangat luar biasa baik dan  semangat.

Pewawancara : Bisa ceritakan sekilas tentang Anda?

Pelamar (1) : Saya adalah Andi Mulyanto, seorang lulusan S1 Teknik Informatika di salah satu unuversitas swasta di Jakarta. Saya anak pertama dari tiga bersaudara. Keahlian saya memperbaiki program dan membuat program baru untuk keperluan perusahaan.
           (2)     : Perkenalkan, nama saya Andi Mulyano usia 24 tahun. Saya lulusan dari salah satu universitas swasta di Jakarta dengan IP 3,56. Kelebihan saya adalah saya menyukai hal-hal baru, tantangan, dan bertemu dengan orang-orang baru. Saya dapat bekerja di bawah tekanan dan juga bekerjasama maupun secara individu. Saya juga menguasi bahasa inggris dan juga applikasi Microsoft office. 

Pewawancara : Apa yang ada ketahui tentang perusahaan kami?

Pelamar  (1) : Perusahaan ini merupakan salah stau perusahaan percetakan buku terbesar di Indonesia. Banyak bukunya yang digunakan diberbagai sekolah baik negeri maupun swasta. Selain itu, nama baik perusahaan ini sudah tidak diragukan lagi. Selain itu, saya yakin bisa memiliki jenjang karier yang baik.
              (2) : Sejauh yang saya tahu, perusahaan ini telah berdiri selama kurang lebih 20 tahun. Selama perusahaan ini berdiri, tidak pernah sekalipun nama perusahaan ini tercoreng akan skandal atau permasalahan. Perusahaan ini hampir tidak pernah memecat pegawainya, karena tingkat seleksi yang ketat. Jenjang karir yang ditawarkan juga menarik. 

Pewawancara : Menurut Anda, hal-hal apa saja yang harus dirahasiakan dari karyawan lain atau dengan orang lain diluar perusahaan? 

Pelamar   (1) : Banyak hal yang pastinya harus dirahasiakan baik dengan karyawan maupun pihak lain. Seperti jumlah gaji, data perusahaan, strategi perusahaan, dan lain-lain. 
             (2) : Untuk melangsungkan pekerjaan dan perusahaan aman, ada baiknya kita menjaga semua data perusahaan, strategi atau rencana pemasaran atau pengembangan perusahaan, gaji antar karyawan, penilaian antar karyawan, dan rahasia lain yang telah ditentukan oleh perusahaan itu sendiri.

Pewawancara : Jika suatu hari Anda ditegur oleh pimpinan, bagaimana sikap Anda?

Pelamar (1) : Sikap saya pertama adalah tenang dan mulai menerima semua teguran yang diberikan kepada saya. Setelah itu, saya akan melakukan instropeksi diri untuk memperbaiki diri.
              (2) : Saya akan bersikap terbuka untuk semua teguran yang diberikan kepada saya selama hal itu benar saya lakukan. Saya akan memberikan bantahan jika teguran yang diajukan kepada saya benar-benar bukan saya yang melakukannya. Selain itu, saya juga akan melakukan instropeksi diri untuk memperbaiki kinerja dan sikap saya untuk ke depannya. 

Pewawancara : Baiklah, tahapan wawancara telah selesai. Anda bisa menunggu hasilnya nanti. Jika Anda adalah orang yang kami cari maka kami akan menghubungi Anda lagi. Terima kasih atas waktunya.

Pelamar : Terima kasih kembali atas kesempatan ini. Saya tunggu kabar baik dari peruhasaan ini. Selain itu, saya siap untuk bekerja kapan perusahan ini membutuhkan saya. 

Demikian tips dan contoh pertanyaan dan jawaban wawancara kerja. Alternative jawaban di atas diharapkan dapat membantu kalian yang hendak melakukan wawancara. Silakan kunjungi blog kami di pelajaranbahasaindonesian.blogspot.com ya. Terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Berbagai Tips dan Contoh Pertanyaan dan Jawaban Wawancara Kerja