Contoh Artikel tentang Game Online Terbaru

Contoh artikel tentang game online – Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI, 2005:66) artikel berarti karya tulis lengkap, misalnya laporan berita atau esai dalam majalah, surat kabar, dalan sebagaianya. Sama halnya dengan artikel jurnalistik yang  berarti karya tulis berisi berita atau informasi tentang suatu hal yang diceritakan secara menarik. Tujuan penulisan artikel adalah untuk menggugah pemikiran dan perasaan pembaca. Dengan demikian penulis harus memiliki banyak data dan fakta agar tulisannya banyak dibaca oleh orang lain dan dapat dipercaya. 

Agar tulisan artikelmu menarik dan jelas, ada baiknya kalian memperhatikan sistematika penulisa artikel, yaitu pendahuluan, uraian isi, dan bagian penutup. Dalam istilah jusnalistik, pendahuluan dalam artikel lebih dikenal dengan sitilah teras atau intro. Namun, ada baiknya sebelum menulis, penulis menentukan judul dari tulisannya. Perhatikan contoh esai tentang game online berikut ini dan penjelasannya.

Contoh Artikel tentang Game Online Terbaru


Dampak Baik dan Buruk Bermain Game Online

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa banyak anak-anak sekarang yang kecanduan bermain game online. Sebenarnya, apakah game online tersebut? game online adalah game atau permainan yang hanya dapat dimainkan dengan menggunakan koneksi internet. Game online dapat dimainkan dengan media computer, laptop, maupun handphone. Tidak dapat dipungkiri bahwa sekarang ini tidak sedikit yang memiliki handphone dengan kecanggihan yang setara dengan komponen computer. Saat ini siapa yang tak mengenal game online COC, Get Rich, dan lain-lain? pastilah semua pengguna smartphone mengenal jenis permainan ini. Namun, memainkan permainan-permainan tersebut dengan tidak bijak akan menimbulkan banyak dampak yang buruk dalam tubuh atau kehidupan kita tanpa disadari. 

Dibalik banyaknya kejanggihan yang ditawarkan alat komunikasi masa sekarang ada bahaya yang mengincar generasi muda tetapi, hal itu sekaligus membuktikan bahwa generasi sekarang lebih cerdas dan berkembang dalam hal ilmu pengetahuan. sekilas tak ada masalahnya dengan hal tersebut. kecanggihan sebuah alat komunikasi dengan game online. Jika, dilihat dari sudut pandang yang lain, permainan atau game pada dasarnya baik atau memiliki beberapa nilai positif untuk pemainnya. Beberapa dampak positif saat seseorang bermain game online adalah anak akan mengerti tentang computer atau smart phone, membantu mereka bersosiliasi atau menjaring pertemanan dari tempat yang jauh,  untuk meningkatkan konsentrasi anak, melatih penalaran, dan kebahasaan mereka. Namun, apapun yang dilakukan secara berlebihan pasti akan menimbulkan dampak yang tidak baik. Apalagi, bila seseorang hingga kecanduan sebuah permainan atau game online. Menurut penelitian yang pernah dipublikasikan dalam sebuah jurnal Pediatrics—yang salah satunya dilakukan di University School of Medicine (2009), mengatakan bahwa anak yang kebanyakan memainkan game online akan terganggu proses tumbuh kembangnya. 

Kecanggihan komponen handphone jaman sekarang membuat anak-anak menjadi lebih sering menggunakan handphone mereka dibandingkan dengan berinteraksi dengan teman sebayanya secara langsung. Itu adalah salah satu jenis masalah yang timbul dari kecanduan game online. Berkurang bahkan hilangnya sikap empati seseorang, enggan bersosiliasi dengan lingkungan sekitar, menghabiskan banyak waktu dengan sia-sia, membuang uang hanya untuk membeli paket data, menjadi malas bekerja, belajar, dan melakukan aktifitas lainnya. Bahkan yang telah kecanduan dapat menyebabkan mereka lupa makan dan lupa waktu untuk melangkapi kebutuhan hidup lainnya.  Hal itu jelas mengganggu kehidupan seseorang dengan tidak langsung. Karena seperti yang kita ketahui bahwa manusia tidak bisa hidup sendiri. Kita perlu melakukan interaksi atau komunikasi dengan banyak orang untuk saling tolong menolong. Namun, bisa dibayankan apa yang akan terjadi bila kondisi ini terus menerus menggerogoti generasi muda saat ini. 

Untuk itu orangtua, guru, dan kita semua juga harus mengantisipasi agar permainan atau game online yang sebenarnya memiliki banyak dampak baik menjadi penyebab dari putusnya jalinan silaturahmi antar sesame baik di lingkungan keluarga maupun masyarakat luas. Orantua harus bisa menyadarkan anak dan bijak dalam memberikan smartphone. Sebagai sesame kita harus saling mengingatkan akan dampak buruk yang akan kita dapat jika kita sampai kecanduan game online. Dengan meainkan game online secara bijak pastilah akan mengurangi resiko negative dalam tubuh atau kesehatan kita. Dengan demikian, perubahan generasi yang baik dan bijak dalam bermain game online menjadi tanggung jawab kita bersama.   


Demikian penjelasan singkat tentang artikel dan contoh artikel tentang game online. Diharapkan dengan membaca contoh di atas, kalian mendapat informasi tentang cara membuat artikel dan informasi tentang dampak baik dan buruk game online. Silakan baca juga artikel menarik lainnya di blog kami pelajaranbahasaindonesian.blogspot.com ya. Terima kasih 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Artikel tentang Game Online Terbaru