Contoh Wawancara Kerja (Interview) di Bank Terbaru

Contoh wawancara kerja di bank terbaru – Untuk mendapatkan sebuah informasi atau pekerjaan terkadang kita harus melakukan banyak tahapan. Salah satu tahapannya adalah wawancara. Wawancara adalah kegiatan bertanya jawab dengan seseorang untuk mendapatkan informasi dengan jelas dan tepat. Wawancara banyak dilakukan oleh seorang wartawan atau saat kita melamar pekerjaan. Wawancara dalam sebuah tahapan pencarian kerja bertujuan untuk mengetahui secara rinci dan karakter yang dimiliki oleh calon pekerja. Hampir semua perusahaan menggunakan thapan wawancara dalam menyeleksi calon karyawannya. 

Wawancara memiliki tiga jenis berdasarkan segi pelaksanaannya. Ketiga jenis tersebut adalah wawancara bebas, wawancara terpimpin, dan wawancara bebeas terpimpin. Berikut ini contoh  interview (wawancara kerja) di sebuah bank yang akan mengupas tuntas tentang pertanyaan apa saja yang sering diajukan ketika wawancara di bank. Yuk kita simak bersama. 

Contoh Teks Wawancara (Interview) Kerja di Bank 


Suatu hari seorang pelamar pekerjaan di sebuak bank di Lampung dan akan melakukan tahap wawancara. Wawancara ini termasuk dalam jenis wawancara bebas terpimpin.

Pewawancara : Selamat pagi Bapak Rianto Adreansyah. Bagaimana kabar Anda hari ini?

Pelamar         : Selamat pagi Pak. Puji syukur hari ini saya merasa sangat luar biasa dan semangat.

Pewawancara : Baik, sebelum lebih lanjut coba ceritan sekilas tentang Anda!

Pelamar        : Baik, terima kasih. Saya adalah Rianto Adreansyah, lulusan S1 jurusan akuntansi dari salam satu universitas terkemuka di Yogyakarta. Saya lulus dengan predikat memuaskan dan dengan IP 3,87. Saya seorang yang suka mempelajari hal-hal yang baru, membaca buku, bertemu dengan orang-orang yang baru, dan suka dengan tantangan. Saya juga punya manajemen waktu yang baik serta memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi. Saya bisa bekerja dalam kelompok dan mandiri. Motto hidup saya adalah tidak ada yang tidak mungkin selama kita berdoa, mencoba, dan berusaha
.  
Pewawancara : Mengapa Anda tertarik duntuk bergabung bersama kami?

Pelamar : Saya ingin mengembangkan karier dan potensi saya dalam bidang akuntansi, selain itu saya ingin memberikan kontribusi yang baik bagi kesuksesan perusahaan ini. Saya memiliki keyakinan yang besar kalau saya bergabung dengan bank ini, maka saya akan menjadi lebih baik dan sukses.

Pewawancara : Apa yang Anda ketahui tentang produk perbankan?

Pelamar : Istilah yang saya ketahui tentang perbankan adalah anjungan yang berarti pinjaman jangka panjang yang diperoleh pribadi untuk membeli rumah yang kepemilikannya diserahterimakan secara legal dari si pemberi pinjaman kepada peminjam setelah peminjaman dikembalikan. Aset yang berarti barang yang mempunyai nilai tinggi. Biro kredit yaitu suatu agen pelaporan kredit yang mengecek informasi kredit dan menyimpan berkas mengenai pemohon dan pengguna kredit. Buku simpanan adalah suatu bentuk buku yang diberikan oleh institusi keuangan kepada penabung atau nasabah. Debet yaitu pembukuan untuk sejumlah uang yang dipinjam oleh pribadi atau institusi.  cek melambung, bunga perkenalan, Cyberbanking, bunga majemuk, biaya keuangan cek, dan masih banyak lagi yang saya ketahui.

Pewawancara : Berapa gaji yang Anda harapkan saat bergabung dalam perusahaan kami?

Pelamar : Pertanyaan Bapak cukup sulit untuk saya jawab. Namun, bisakah Bapak memberikan saya informasi tentang kisaran gaji pada posisi yang saya harapkan? 

Pewawancara : Maaf, saya tidak bisa memberikan informasi mengenai hal itu.

Pelamar : Kalau begitu maaf, bisakan saya mengetahui detail pekerjaan yang akan saya jalani dan tanggung jawab saya?

Pewawancara : Anda akan bekerja di bawah tekanan dan bekerja selama 8 jam setiap harinya selama 5 hari kerja setiap minggunya. 

Pelamar : Saya yakin perusahaan ini tidak akan menyesal memberikan gaji sebesar 4 juta rupiah. 

Pewawancara : Apa yang akan Anda lalukan jika Anda kami terima bergabung bersama kami?

Pelamar : Memaksimalkan kinerja dan berkontribusi dalam mennyukseskan perusahaan.

Pewawancara : Kapan Anda siap untuk bekerja?

Pelamar : Hari ini saya diterima bergabung, hari ini saya siap untuk bekerja.

Pewawancara : Baiklah, terima kasih telah mengikuti tahapan wawancara ini, saya akan mempertimbangkan hasil wawancara ini dan saya akan menghubungi Anda kembali.

Pelamar : Terima kasih telah memberikan kesempatan kepada saya untuk secara langsung mendeskripsikan bagaimana saya dalam tahapan wawancara ini. besar harapan saya dapat bergabung dalam perusahaan ini.

Pewawancara : Terima kasih atas pasrtisipasinya. Selamat siang.

Pelamar : Selamat siang.

Harapan saya, dengan membaca tulisan ini kalian dapat memahami dengan baik dan menambah ilmu pengetahuan kalian tentang contoh wawancara kerja di bank terbaru. Silakan baca artikel lainnya di pelajaranbahasaindonesian.blogspot.com. Ada banyak sekali contoh teks wawancara berbagai topik yang bisa kalian jadikan referensi belajar. Semoga bermanfaat. Terimakasih. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Wawancara Kerja (Interview) di Bank Terbaru